Wajib Tahu! Dasar-Dasar Perawatan Belt Pada Mesin Industri

Wajib Tahu! Dasar-Dasar Perawatan Belt Pada Mesin Industri

Sahabat IBJS tentu tidak asing dengan artikel di website Indobeltraco yang membahas mengenai belt pada mesin industri. Belt memang akan selalu jadi topik yang menarik mengingat banyaknya mesin industri yang menggunakan belt. Perannya pun tidak main-main, cepat atau lambatnya sebuah proses produksi salah satunya bergantung dari baik atau tidaknya komponen belt. Bila pada artikel-artikel sebelumnya kami membahas belt secara spesifik, kali ini, kami akan membahas perawatan belt secara mendasar dan umum. Bagaimanakah perawatan belt pada mesin industri? Berikut ulasannya.

MENJAGA KETEGANGAN BELT

Intensitas kinerja mesin industri yang hampir tidak berhenti akan beresiko pada kendurnya belt pada mesin. Bila Sahabat melihat jalannya proses mesin melambat, atau terdengar suara asing yang timbul dari pulley dan belt, maka Sahabat perlu melakukan pengecekan, karena besar kemungkinan belt kendur. Bila ternyata memang kendur, segera kencangkan belt dengan cara seperti yang pernah kami bahas pada artikel sebelumnya.

pengaturan arah belt

Tak jarang, belt pada mesin akan terlihat miring. Perubahan arah ini terjadi karena adanya pergeseran pada belt yang besar kemungkinan disebabkan oleh masalah pada pulley atau bearings. Sahabat perlu untuk melepaskan komponen-komponen tersebut terlebih dahulu untuk memastikan apakah ada kelonggaran atau ada kerusakan pada semua komponen yang berkesinambungan ini. Bila Sahabat kesulitan untuk membongkar dan mengidentifikasi penyebab dari perubahan arah belt, Sahabat IBJS dapat meminta bantuan kepada seorang engineering baik dari internal maupun eksternal perusahaan Sahabat. Sekalipun Sahabat menggunakan jasa engineering tapi setidaknya Sahabat sudah mengetahui garis besar dari masalah yang dihadapi, jadi dapat lebih efisien.

DECITAN PADA BELT

Dalam memulai proses produksi, umumnya para pelaku industri akan memulai kerja mesin dari pergerakan yang santai, tidak langsung ekstra. Karena bila mesin yang sebelumnya mati kemudian langsung diatur dengan kerja yang ekstra, dapat sangat berpengaruh pada komponen-komponen mesin, salah satunya adalah belt. Belt akan mengeluarkan suara decitan yang sangat mengganggu. Hal ini disebabkan oleh keadaan mesin yang tiba-tiba berubah dan menyebabkan belt bergoyang, bergeser atau putus. Maka, bila Sahabat IBJS mendapati hal demikian, harus segera diperbaiki.

elastisitas belt

Elastisitas pada belt akan berkurang setelah bekerja keras. Ya, selayaknya manusia yang memiliki rasa lelah bila setiap hari memforsir tubuhnya untuk bekerja. Bila ingin belt kembali bekerja dengan baik, maka kembalikan elastisitasnya dengan cara memberikan belt dressing. Setelah itu, Sahabat dapat kembali memulai proses produksi. Tapi ingat, perlahan ya Sahabat, jangan langsung bekerja dengan mode yang ekstra.

Keempat cara tadi merupakan dasar dari masalah beserta cara perawatannya. Namun, bila belt Sahabat IBJS sudah terlanjur rusak, maka harus segera diganti. PT. Indobeltraco Jaya Semesta menjual belt berbagai ukuran untuk mesin industri sesuai kebutuhan Sahabat IBJS. Jenisnya juga beragam, Sahabat IBJS dapat mengunjungi store PT. Indobeltraco Jaya Semesta baik online maupun offline. Kualitasnya tak perlu diragukan lagi, produk yang kami sediakan memiliki kualitas terbaik.

Jika Sahabat IBJS ingin membeli produk-produk kami atau hanya sekedar ingin berinteraksi dengan kami, dapat melalui email, direct message instagram atau via telepon dan jangan lupa juga untuk senantiasa mengunjungi marketplace kami melalui link dibawah ini.

PT. INDOBELTRACO JAYA SEMESTA

Telp : 021 – 6231 0888

Email: marketing@indobeltraco.com

Instagram: @ibjs_jakarta

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/indobeltraco

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/ptindobeltraco


No Comments

Post A Comment