Sproket dan Gear! Apa Bedanya?

Sproket dan Gear! Apa Bedanya?

Saat Sahabat IBJS melihat sebuat plat yang berbentuk bundar dengan alur bergerigi beraturan di ujungnya, benda apa yang pertama terpikir di benak Sahabat IBJS? Gear? Atau Sprocket? Memang, kedua benda ini sekilas memiliki bentuk yang sama. Namun sebenarnya, bila diperhatikan lagi, ada perbedaan dari ukuran dan bentuk gerigi. Gerigi sprocket harus dibentuk sedemikian rupa sehingga pas dengan lekukan, lubang dan celah pada rantai. Sedangkan gear, karena berinteraksi dengan gear yang lain, desain bentuknya pun bisa bervariasi. Persamaan nya pun tidak hanya dari bentuk, kegunaannya pun relatif sama, yaitu untuk mentransmisikan daya. Perbedaannya terletak pada pengaplikasian serta fungsi tertentu pada suatu mekanisme.

Berdasar pengaplikasiannya, sprocket cenderung digunakan di dalam sistem transmisi sepeda dan motor. Selain itu, beberapa mekanisme tertentu pada suatu mesin juga ditemukan adanya penggunaan sprocket dan rantai sebagai sistem transmisinya. Sprocket di semua mesin ini berputar untuk menggerakkan rantai dan banyak bagian yang bergerak menimbulkan gesekan yang rentan terhadap keausan yang terjadi pada rantai maupun sprocket. Sprocket pun akan lebih terpengaruh oleh kerusakan gigi. Jika terdapat satu atau dua gigi pada sepeda atau motor mengalami kerusakan atau patah, maka akan ada banyak peluang rantai akan terlepas atau tergelincir ke samping. Inilah sebabnya mengapa sprocket cenderung diletakkan di bagian luar mesin sehingga bisa diperbaiki atau diganti dengan mudah.

Sementara, gear cenderung ditempatkan lebih dalam di dalam mesin untuk memindahkan daya dari mesin ke suatu komponen. Roda gigi lebih tahan terhadap kerusakan karena terdapat sistem pelumasan yang mampu melindungi gesekan antara permukaan gigi secara langsung dan lebih andal dalam memindahkan daya yang lebih besar. Misalnya, pada perancangan mobil cenderung menggunakan gear yang kaku untuk menggerakkan mobil karena mampu mentransmisikan daya lebih besar dengan lebih efisien. Gear pun tidak rentan rusak. Apabila terdapat satu atau dua buah gigi yang mengalami kerusakan, maka gear masih dapat berputar dan bekerja meskipun sejumlah kecil tenaga mungkin hilang.

PT. Indobeltraco Jaya Semesta memiliki jenis sprocket dan gear dengan segala ukuran sesuai kebutuhan. Sudah menjadi ambassador untuk brand ternama di dunia sejak tahun 2007, PT. Indobeltraco Jaya Semesta tentu menyediakan berbagai produk yang sudah teruji dan berstandar internasional. Jadi dapat dipastikan produk yang kami miliki memiliki kualitas terbaik.

Jika Sahabat IBJS ingin membeli produk-produk kami atau hanya sekedar ingin berinteraksi dengan kami, dapat melalui email atau via telepon dan jangan lupa juga untuk senantiasa mengunjungi marketplace kami melalui link dibawah ini.

Telp : 021 – 6231 0888

Email: marketing@indobeltraco.com

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/indobeltracoBukalapak: https://www.bukalapak.com/u/ptindobeltraco

Tags:
,
No Comments

Post A Comment