Prediksi dan Realita Bisnis Di Tengah Pandemi Covid-19

Prediksi dan Realita Bisnis Di Tengah Pandemi Covid-19

“Kapan pandemi covid-19 ini akan berakhir?”. Ya, rasanya pertanyaan tersebut selalu ditanyakan oleh seluruh masyarakat saat ini, tanpa terkecuali. Bagaimana tidak, dampak dari pandemi ini sangat berpengaruh ke hampir seluruh aspek kehidupan terutama dalam bidang kesehatan, baru kemudian disusul dalam bidang ekonomi. Virus korona memiliki pola penyebaran yang luas dan berjalan dengan cepat, melebihi SARS atau MERS. Upaya pengendalian virus ini belum mampu berjalan secara efektif disebabkan oleh proses pengenalan virus ini masih berjalan hingga saat ini. Oleh karena itu, untuk mengurangi tingkat penyebaran virus tersebut, pemerintah pusat menerapkan pembatasan kegiatan sosial secara besar-besaran atau Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal ini otomatis membuat pertumbuhan ekonomi terhambat dan bahkan berada pada titik terendah di sebagian negara. Parahnya lagi, pandemi ini diprediksi akan berlangsung selama satu hingga dua tahun ke depan menurut Bill Gates, Paul Romer, Yuval Harari dan beberapa tokoh dunia lainnya. Hal ini juga berdasarkan prediksi dipasarkannya vaksin untuk virus ini. Karena selama vaksin belum ditemukan, maka tidak akan ada kepastian kapan pandemi ini akan berakhir.

Dalam bidang ekonomi, ada beberapa bisnis yang bisa dibilang terpuruk atau butuh adanya jalan baru untuk bertahan selama pandemi covid-19 ini masih berlanjut, diantaranya; Hotel, Travel, Restaurant, Mall, Bioskop, Entertainment, MICE, dan lain-lain. Tapi disisi lain, ada juga bisnis yang justru berkembang selama pandemi, contohnya; E-commerce, Remote Working, Online Schooling, Webinar, Logistic, Medical Equipment, dan sebagainya. Realita tersebut akhirnya mengarahkan pada prediksi bisnis yang stabil dan ‘cocok’ sekaligus menjadi solusi selama masa pandemi yaitu Media Digital.

Perusahaan-perusahaan besar yang tidak hanya beralih ke digital tapi juga merubah scoop business-nya menjadi penyedia alat medis. Mengapa demikian? Sederhana saja yaitu, untuk dapat tetap menjalankan bisnis mereka. Contohnya seperti Hotel sekarang sudah menerapkan food delivery, website sudah menjadi e-commerce, beberapa bisnis kuliner menerapkan penjualan frozen food, dan masih banyak lagi. Jadi bisa dikatakan, era digital sedang menjadi tren saat ini. Masa pandemi ini menjadi sebuah batu loncatan dimana semakin berkembangnya era digital di dunia dari usaha Kecil, menengah, hingga industri besar.

Lalu bagaimana dengan Indobeltraco? Yang sudah lebih dari 12 tahun menyediakan berbagai produk berkualitas seperti belts, timing belts, kopling, rantai, dan lain sebagainya. Menambahkan e-commerce ataupun belum untuk saat ini, yang pasti Indobeltraco akan selalu menyediakan serta mengembangkan produk dan pelayanan demi untuk satu tujuan, kepuasaan anda sebagai pelanggan setia kami. Semoga pandemi covid-19 ini akan segera berakhir dan jauh lebih cepat dari prediksi yang ada.

Akhir kata, kami PT. Indobeltraco Jaya Semesta mengucapkan:

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H

Minal aidin wal faidzin 

Mohon Maaf Lahir & Batin

Everything is Changing, A New System is Coming, INDOBELTRACO is Always Improving!

No Comments

Post A Comment