Pelumasan! Penentu Usia Rantai Mesin Industri Anda

Pelumasan! Penentu Usia Rantai Mesin Industri Anda

Sudah rutin melakukan pelumasan pada rantai Sahabat IBJS? Jelas harus ya Sahabat. Kenapa? Karena pelumasan yang optimal merupakan faktor penting dalam memperoleh umur rantai yang diinginkan. Ya, jika rantai jarang atau bahkan tidak pernah diberi pelumas, rantai akan kotor dan kering sehingga rantai akan menjadi berkarat. Bila rantai sudah berkarat, kinerja pada mesin atau transmisi pun jelas akan mengganggu. Tidak hanya itu, spare part lain yang berhubungan langsung dengan rantai seperti gear dan sprocket pun akan ikut terganggu atau rusak karena kotoran dan karat yang menempel pada rantai. Jadi sampai sini, dapat disimpulkan bahwa usia rantai dan spare part di sekitarnya sangat bergantung pada pelumasan ya Sahabat IBJS?

Secara penerapannya, sebenarnya sangat sederhana. Oleskan atau teteskan pelumas pada rantai, pastikan pelumas sampai ke permukaan bantalan rantai. Bila dipastikan minyak pelumas sudah menyentuh keseluruhan bagian rantai, pertahankan pada tempat antara pin, bushing dan roller. Jangan sampai ada bagian rantai yang terlewat. Dengan demikian, jumlah keausan rantai berkurang dan umur rantai pun otomatis diperpanjang. Pelumasan dapat dilakukan saat mesin berhenti atau berjalan.

Sahabat IBJS tentu sudah tahu mengenai penerapan pelumasan seperti yang dibahas pada paragraf diatas. Setelah itu, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara memilih pelumas yang tepat? Pada dasarnya, hanya gunakan pelumas berkualitas tinggi. Pelumas yang disarankan untuk kisaran suhu tertentu akan menjadi pembahasan selanjutnya. Pemilihan pelumas ditentukan antara suhu yang keluar di sekitar rantai dan kekentalan pelumas, atau biasa disebut viskositas. Pengertian dari viskositas sendiri adalah istilah ilmiah yang menggambarkan suatu resistensi terhadap suatu aliran fluida. Fluida itu dapat menjadi cair atau gas, namun istilah ini lebih sering dihubungkan dengan cairan. Minyak pelumas, umumnya menggunakan istilah SAE Viscosity Number atau singkatnya SAE.

Bila dirasakan suhu sekitar rantai -10 sampai 0 derajat celcius, makan gunakan pelumas SAE 20. Selanjutnya mari kita gunakan rumus seperti ini;

0 derajat sampai 40 derajat celciusSAE 30

40 derajat sampai 50 derajat celciusSAE 40

50 derajat sampai 60 derajat celciusSAE 50

Perlu dicatat, untuk pelumasan manual, jika minyak pelumas terus jatuh dari rantai, gunakan pelumasan dengan viskositas tinggi. Kemudian jika suhu sekitar rantai kurang dari 10 derajat celcius, disarankan untuk menggunakan pelumas mesin pendingin. Ada beberapa jenis pelumasan, namun hal itu akan kita bahas pada artikel selanjutnya.

Kali ini, Sahabat IBJS tentu sudah dapat mengetahui pelumasan mana yang tepat untuk rantai mesin industri Sahabat. Bila rantai mesin Sahabat IBJS sudah rusak atau membutuhkan pelumas berkualitas tinggi, Sahabat IBJS dapat menemukannya di store PT. Indobeltraco Jaya Semesta, baik online maupun offline. Untuk tipenya pun beragam, PT. Indobeltraco Jaya Semesta menyediakan berbagai rantai beserta pelumas terlengkap dengan kualitas terbaik berstandar internasional.

Jika Sahabat IBJS ingin membeli produk-produk kami atau hanya sekedar ingin berinteraksi dengan kami, dapat melalui email, direct message instagram atau via telepon dan jangan lupa juga untuk senantiasa mengunjungi marketplace kami melalui link dibawah ini.

Telp : 021 – 6231 0888

Email: marketing@indobeltraco.com

Instagram: @ibjs_jakarta

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/indobeltracoBukalapak: https://www.bukalapak.com/u/ptindobeltraco

No Comments

Post A Comment