Macam-Macam Kerusakan Pada V-Belt Beserta Penyebabnya!

Macam-Macam Kerusakan Pada V-Belt Beserta Penyebabnya!

Banyak sekali yang mengalami kerusakan pada v-belt, mungkin diantaranya Sahabat IBJS. Umumnya, setelah rusak, v-belt langsung diganti tanpa mengetahui penyebab pastinya. Detail dari kerusakannya pun sebenarnya bermacam-macam. Misal, belt robek, dinding samping v-belt mengalami keausan berlebih atau retak pada bawah belt. Kerusakan tersebut  tentu ada penyebabnya yang lebih spesifik. Berikut akan kita ulas satu per satu.

  • Broken Belt (Belt Robek)

V-Belt robek banyak sekali dialami oleh pelaku industri. Hal ini disebabkan bukan semata-mata karena v-belt sudah terlalu lama atau kualitas v-belt yang kurang baik. Lebih mendetail lagi, penyebab dari robeknya v-belt ini adalah karena adanya benda asing di dalam drive. Benda asing yang dimaksud bisa jadi kotoran, kerikil, debu yang sudah lama tinggal atau masih banyak lagi. Benda asing inilah yang menyebabkan v-belt menjadi robek. Untuk menghindari hal tersebut, gunakanlah shield drive.

  • Excessive Sidewall Wear (Keausan Dinding Samping Belt)

Keausan pun disebabkan oleh komponen lain pada rangkaian drive. Adalah sheaves atau pulley yang menjadi akibatnya. Keausan berlebihan terjadi karena sheaves rusak atau juga sudah aus, sehingga hal ini akan menyebabkan v-belt pun tergores atau tergerus. Setelah dilakukan pengecekan dan terlihat sheaves sudah aus atau rusak, segera ganti dengan yang baru.

  • Cracked Bottom (Rusak Bagian Bawah Belt)

Tidak hanya dinding v-belt yang terancam rusak atau aus, bagian bawah pun tidak luput dari hal tersebut. Kerusakan pada bagian bawah dari v-belt terjadi karena diameter sheaves yang terlalu kecil. Awal indikasi kerusakan pada bagian bawah v-belt umumnya terjadi slip serta temperatur belt yang terlalu panas. Bila dibiarkan, maka bagian bawah v-belt pun akan rusak. Bila ini terjadi, segera ganti sheaves dengan diameter yang sesuai, kemudian lepaskan sumber panas serta perbaiki ventilasi.

Sekarang Sahabat IBJS sudah mengetahui penyebab dari kerusakan pada v-belt yang lebih spesifik lagi. Jadi kedepannya, bila terjadi kerusakan pada v-belt, coba dicek kembali bagian komponen mana yang juga rusak untuk mengefisiensikan pergantian dari komponen-komponen tersebut, khususnya v-belt. Jangan lupa untuk selalu lakukan pengecekan secara berkala pada v-belt serta komponen di sekitarnya.

Bila Sahabat IBJS mencari v-belt, PT. Indobeltraco Jaya Semesta menjadi tempat yang tepat. Sudah bekerjasama dengan berbagai brand internasional, PT. Indobeltraco Jaya Semesta tidak pernah kehabisan stok v-belt berkualitas dengan berbagai ukuran sesuai kebutuhan Sahabat IBJS.

Jika Sahabat IBJS ingin membeli produk-produk kami atau hanya sekedar ingin berinteraksi dengan kami, dapat melalui email atau via telepon dan jangan lupa juga untuk senantiasa mengunjungi marketplace kami melalui link dibawah ini.

Telp : 021 – 6231 0888

Email: marketing@indobeltraco.com

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/indobeltraco

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/ptindobeltraco

No Comments

Post A Comment