Kapan V-Belt Pada Motor Matic Harus Diganti? Ini Cara Mendeteksinya!

Kapan V-Belt Pada Motor Matic Harus Diganti? Ini Cara Mendeteksinya!

Selamat beraktifitas Sahabat IBJS! Semoga semuanya dalam keadaan sehat di tengah pandemi seperti sekarang ini. Karena apapun keadaannya, tentu Anda selalu berusaha untuk produktif dan efektif di setiap harinya. Bicara aktivitas sehari-hari, tidak akan lepas dari kendaraan yang anda gunakan. Apakah diantara Sahabat IBJS ada yang menggunakan motor matic? Bila ada, kami akan memberikan informasi terkait komponen yang berhubungan dengan hal tersebut.

V-Belt adalah Sabuk atau belt yang terbuat dari karet dan mempunyai penampang trapezium. Tenunan, tetoron, dan sejenisnya digunakan sebagai inti sabuk untuk membawa tarikan yang besar. Sabuk V dililitkan pada alur puli/pulley yang berbentuk V pula. Bagian sabuk yang membelit akan mengalami lengkungan sehingga lebar bagian dalamnya akan bertambah besar.

V-Belt atau drive belt merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada sepeda motor matic. Fungsi dari V-Belt kurang lebih sama dengan rantai (drive chain) pada sepeda motor yang menggunakan transmisi manual, yaitu untuk meneruskan putaran mesin (engine) ke roda belakang sehingga motor dapat melaju ketika anda menarik handle gas.

Adapun bahan dari V-Belt itu sendiri terdiri dari:

  • Canvas (kampas/kain mota/terpal). Berfungsi sebagai bahan pengikat struktur karet.
  • Rubber (karet). Berfungsi penguat agar elastisitas dari V-Belt dan menjaga agar V-Belt tidak slip.
  • Cord (kawat pengikat). Berfungsi sebagai penguat agar V-Belt tidak mudah putus.

Beranjak dari bahan, kini kita akan bahas tipenya. V-belt terdiri dari beberapa tipe yang digunakan sesuai dengan kebutuhan. Tipe yang tersedia adalah tipe A, B, C, D dan E. Berikut Tipe V-belt berdasarkan bentuk dan kegunaannya:

  • Tipe Standar, ditandai dengan huruf A, B, C, D dan E.
  • Tipe Sempit, ditandai dengan simbol 3V, 5V dan 8V.
  • Tipe Beban Ringan, ditandai dengan 3L, 4L dan 5L.

V-Belt dianjurkan untuk diganti secara berkala ketika jarak tempuh motor matic sudah mencapai 24.000 Km. Jika V-Belt sampai mengalami kerusakan karena telat diganti, maka dapat berakibat fatal terhadap mesin dan komponen (sparepart) yang lainnya. Jadi, sangat dianjurkan untuk segera mengganti V-Belt jika jumlah kilometer pada motor matic Anda sudah mencapai angka 24.000 dan berlaku kelipatan seterusnya. Selain memperhatikan waktu penggantian V-Belt, Anda juga wajib untuk memilih V-Belt yang berkualitas.

PT. Indobeltraco Jaya Semesta menyediakan V-Belt dengan berbagai tipe dan ukuran yang bisa anda pesan sesuai dengan kebutuhan. Produk yang kami sediakan memiliki kualitas terbaik dan sudah teruji oleh standar internasional. Hal itulah yang membuatnya kuat dan tahan lama. Karena IBJS berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan dan produk terbaik untuk anda.

Jadi Sahabat IBJS sudah tidak bingung lagi akan membeli Vbelt dimana bukan?

Bila ada yang ingin ditanyakan terkait produk yang kami sediakan atau ingin memesan produk kami dapat langsung mengunjungi salah satu marketplace berikut ini:

Email: marketing1@indobeltraco.com

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/indobeltraco

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/ptindobeltraco

Shopee: https://shopee.co.id/pt_ibjs01

Tags:
, ,
No Comments

Post A Comment