Bagaimana Cara Kerja Kopling? Ini Penjelasannya!

Bagaimana Cara Kerja Kopling? Ini Penjelasannya!

Kopling! Tentu Sahabat IBJS tidak asing dengan komponen ini. Bagaimana tidak, semua kendaraan baik mobil ataupun motor harus dilengkapi dengan komponen kopling. Berdasarkan dengan pengertiannya, kopling adalah komponen otomotif yang berfungsi untuk memutuskan dan menyambungkan putaran mesin ke transmisi. Tenaga mesin harus dihentikan sebelum proses pemindahan gigi agar transmisi berlangsung dengan baik. Penggunaan kopling pada mesin tidak hanya berlaku untuk kendaraan mobil atau motor manual, motor atau mobil matic pun memiliki komponen yang sejenis kopling.

Lalu bagaimana cara kerjanya? Sebelum kita bahas hal tersebut, alangkah lebih baik bila kita bahas tentang fungsinya terlebih dahulu.

Ada 4 fungsi kopling, diantaranya:

  1. Memudahkan pemindahan gigi pada transmisi.
  2. Menghentikan mobil tanpa memposisikan tuas transmisi ke posisi netral.
  3. Membuat mobil bergerak bebas tanpa beban dari engine brake.
  4. Membuat mobil dapat bergerak mulus saat awal berjalan.

Bila dilihat dari cara kerjanya, sistem kopling memiliki tiga macam tipe, yaitu:

  • Kopling Gesek

Kopling gesek adalah jenis kopling yang paling mudah ditemukan pada kendaraan secara umum. Karena mobil atau motor yang mengusung transmisi manual umumnya menggunakan jenis kopling ini, itulah alasan kopling gesek biasa juga disebut kopling manual. Sesuai dengan namanya, sistem ini bekerja memanfaatkan material yang bergesekan. Gesekan ini diperoleh dari tiga komponen, yaitu flywheel, clutch disc (kampas kopling) dan pressure plate. Kopling gesek pun terbagi menjadi dua, ada yang disebut kopling plat tunggal dan kopling multi plate. Kopling plat tunggal hanya memiliki satu clutch disc sebagai media gesek, banyak diaplikasikan pada mobil. Sedangkan kopling multi plate memiliki susunan plate yang lebih banyak, tipe ini banyak digunakan pada sepeda motor.

  • Kopling Otomatis

Jenis kopling ini digunakan oleh kendaraan yang memiliki transmisi otomatis. Jenis kopling ini juga biasa disebut Torque Converter. Konstruksi pada Torque Converter tidak lagi menggunakan gesekan antar material, namun menggunakan tekanan hidrolik. Prinsip kerjanya mirip dengan dua buah kipas yang saling berdekatan yang jika satu buah kipas berputar, makan akan ada aliran udara yang bersirkulasi mengenai kipas lainnya. Kipas tersebut digantikan dengan dua buah turbine yang masing-masing terhubung dengan mesin dan transmisi. Sementara media sirkulasi adalah cairan hidrolik.

  • Kopling Magnet

Untuk jenis ini, termasuk dalam sistem semi otomatis. Kopling magnet memanfaatkan gaya tarik magnet untuk melakukan pemutusan dan penghubungan arus. Prinsip kerjanya adalah saat ada arus listrik mengalir ke field coil, maka akan menimbulkan daya magnet yang akan menarik plat untuk menempel pada pulley utama sehingga saat pulley berputar, plat itu juga akan berputar.

Ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa kopling perlu diganti, yaitu adanya getaran kuat pada pedal dan diiringi bunyi laher saat diinjak. Ini gejala drek laher atau release bearing mulai rusak. Solusinya tentu mengganti dengan yang baru. Jika kopling terasa berat, ini disebabkan kampas yang lengket dengan roda, pegas pengembali terlalu keras, atau kabel kopling kotor. Jadi, jika pedal terasa berat dari biasanya, sebaiknya segera periksakan untuk memastikan jika ada kerusakan pada sistem penggerak kopling.

Mengingat pentingnya fungsi dari kopling, maka Sahabat IBJS wajib untuk selalu memeriksa kualitas kopling kendaraannya. Bila memang sudah harus diganti, Sahabat IBJS dapat membelinya di store PT. Indobeltraco Jaya Semesta. Kami menyediakan berbagai jenis kopling dengan berbagai ukuran sesuai kebutuhan Sahabat IBJS dengan kualitas terbaik dan sudah teruji secara Internasional.

Jika Sahabat IBJS membutuhkan produk-produk kami atau sekedar mencari informasi, silakan dapat mengunjungi online store kami, silahkan klik link dibawah ini. Kedepannya, kami akan mengembangkan fitur e-commerce di website ini untuk lebih memudahkan dan memberikan kenyamanan berbelanja untuk Sahabat IBJS.

Email: marketing1@indobeltraco.com

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/indobeltraco

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/ptindobeltracoShopee: https://shopee.co.id/pt_ibjs01

No Comments

Post A Comment