Apa Bearings Juga Perlu Diberi Perawatan Khusus? Ini Jawabannya!

Apa Bearings Juga Perlu Diberi Perawatan Khusus? Ini Jawabannya!

Pada artikel yang lalu, Sahabat IBJS sudah membaca mengenai pengertian serta material dari Bearings. Ya, bearings merupakan salah satu komponen yang dibutuhkan dalam sebuah rangkaian mesin, baik itu otomotif, alat rumah tangga, apalagi mesin industri. Bisa dikatakan, semua komponen mesin yang berputar, menggunakan bearings. Seperti yang Sahabat IBJS ketahui, mesin otomotif ataupun industri bekerja dengan cara berputar, dan bearings-lah yang bertugas untuk membantu berputarnya poros atau shaft serta mengurangi gesekan dan panas yang disebabkan oleh perputaran tersebut. Jadi Sahabat IBJS sudah bisa menebak apa kira-kira jawaban dari judul artikel ini bukan? Ya, jawabannya, bearings perlu diberi perawatan khusus. Lalu pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana cara untuk merawat bearings?

Hal dasar yang perlu dilakukan adalah melakukan pengecekan kondisi fisik bearing pada saat kondisi mesin berhenti. Jika ball bearing sudah berkurang karena hancur yang disebabkan cover bearing atau clip ball bearing sudah rusak, maka segera ganti. Kemudian melakukan pengecekan kondisi noise atau bunyi abnormal pada bearing pada saat kondisi mesin menyala/running. Ya, pengecekan bearing dapat dilakukan pada saat mesin berjalan. Bagaimana caranya? Dengar dan lihat.

Dengarkan, apakah ada suara bising pada kisaran bearing. Biasanya bearing yang sudah aus akan mengeluarkan bunyi “krek”, sementara pada bearing yang masih bagus akan mengeluarkan bunyi “swing”, seperti suara ban mobil yang sedang melaju kencang di jalan tol. Kemudian lihatlah, apakah as yang terhubung pada bearing bergoyang atau bergetar. Jika dengan mata telanjang kesulitan melihatnya, bisa dilakukan dengan cara merekam dan memutar kembali rekaman dengan slow motion. Maka akan terlihat apakah ada goyangan atau getaran.

Hal penting selanjutnya dalam perawatan bearing adalah lubrikasi atau grease up. Untuk bearing baru, memang biasanya sudah diberi pelumas/grease oleh pabrikannya, namun ada baiknya dipastikan kembali. Setelah pemasangan, jika belum diberi pelumas oleh pabrikan, beri lah pelumasan sekitar ⅔ dari ruang kosong bearing. Jangan hanya diawal saja ya Sahabat IBJS, hal terpenting justru melakukan pelumasan secara berkala pada bearing sesuai dengan rekomendasi pabrik untuk menjaga lifetime bearing lebih optimal dan awet.

Kemudian jika bearing Sahabat IBJS sudah rusak, Sahabat IBJS dapat mencarinya di storePT. Indobeltraco Jaya Semesta, baik offline maupun online. PT. Indobeltraco Jaya Semesta menyediakan bearing dengan berbagai tipe dan ukuran sesuai dengan kebutuhan mesin Sahabat IBJS. Berpengalaman menjalin kerjasama dengan brand internasional, menjadikan produk yang kami sediakan memiliki kualitas terbaik.

Jika Sahabat IBJS ingin membeli produk-produk kami atau hanya sekedar ingin berinteraksi dengan kami, dapat melalui email, direct message instagram atau via telepon dan jangan lupa juga untuk senantiasa mengunjungi marketplace kami melalui link dibawah ini.

Telp : 021 – 6231 0888

Email: marketing@indobeltraco.com

Instagram: @ibjs_jakarta

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/indobeltraco

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/ptindobeltraco

No Comments

Post A Comment