Wajib Tahu! Penyebab Kerusakan Pada Timing Belt

Wajib Tahu! Penyebab Kerusakan Pada Timing Belt

Tidak jauh berbeda dengan v-belt, timing belt pun selalu menjadi topik yang sering dibicarakan, terutama para pelaku otomotif, mungkin diantaranya Sahabat IBJS. Bagaimana tidak, timing belt merupakan salah satu komponen yang cukup penting untuk kendaraan Sahabat IBJS. Bila sampai timing belt rusak atau bahkan putus, maka katup dan piston akan bertabrakan dan keduanya akan hancur, sehingga harus turun mesin. Kenapa bisa demikian? Mari kita bahas kembali fungsi dari timing belt. Timing belt berfungsi untuk memutar camshaft yang berperan untuk membuka dan menutup valve (klep) pada ruang pembakaran dengan tepat. Secara fungsi, ada dua macam klep, pertama adalah klep intake, yang berfungsi untuk jalur masuk oksigen dan bahan bakar (bensin) ke dalam ruang pembakaran. Sedangkan satu lagi adalah klep exhaust, yang berfungsi untuk membuang sisa pembakaran. Kedua klep tersebut digerakkan oleh noken as yang berputar, disinilah tugas timing belt untuk memutar noken as tersebut. Sudah sangat jelas ya Sahabat IBJS?

Namun, kenyataannya banyak pengguna kendaraan yang seringkali mengalami rusak timing belt. Fenomena ini terjadi tanpa tahu secara detail penyebab dari kerusakan pada timing belt kendaraannya. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas hal tersebut, penyebab kerusakan serta solusi untuk timing belt Anda.

  • Broken Belt (Sabuk Rusak/Sobek)

Hal ini disebabkan karena panjang timing belt dibawah dari drive yang dirancang. Karena tidak sesuai, akhirnya tarikan timing belt akan berlebihan sehingga sangat mudah untuk robek atau putus. Ganti timing belt dan sesuaikan dengan ukuran yang memadai. Rusak atau sobek pun dapat disebabkan oleh benda asing yang ada di drive. Benda asing yang dimaksud dapat berupa, kotoran, kerikil, debu yang terlalu tebal, dan lain-lain. Untuk mengantisipasinya, gunakan pelindung drive. Terakhir, sobeknya timing belt dapat juga disebabkan oleh belt yang bergeser ke flensa katrol, maka dari itu, periksa juga katrol, bila memang belum sejajar dengan drive, segera sejajarkan.

  • Excessive Sidewall Wear (Keausan Dinding Samping Yang Berlebihan)

Bila kerusakan ini dialami pada timing belt Sahabat IBJS, maka dapat dipastikan hal ini terjadi karena posisi belt tidak sejajar dengan drive atau belt tidak stabil. Kedepannya, Sahabat IBJS dapat memastikan kembali pemasangan belt sudah benar-benar lurus atau sejajar dengan drive dan pastikan pemasangannya sudah kokoh.

  • Cracks In Belt Backing (Retakan Di Bagian Belakang Sabuk)

Adanya retakan di bagian belakang timing belt disebabkan oleh suhu yang terlalu tinggi. Sahabat harus menemukan sumber panas terlebih dahulu, yang menyebabkan suhu berlebih pada timing belt. Bila sudah dapat, segera singkirkan sumber panas tersebut. Selain itu, perbaiki ventilasi udara pada drive serta periksa konstruksi dari belt.

Bila sudah terlanjur rusak, maka segera ganti timing belt, namun kedepannya perhatikan baik-baik pemasangan dan perawatannya ya Sahabat IBJS. Jangan lupa untuk beli timing belt dengan kualitas terbaik seperti yang bisa Sahabat dapatkan di store PT. Indobeltraco Jaya Semesta. PT. Indobeltraco Jaya Semesta menyediakan berbagai macam Timing Belt sesuai dengan kebutuhan Sahabat IBJS.

Jika Sahabat IBJS ingin membeli produk-produk kami atau hanya sekedar ingin berinteraksi dengan kami, dapat melalui email, direct message instagram atau via telepon dan jangan lupa juga untuk senantiasa mengunjungi marketplace kami melalui link dibawah ini.

Telp : 021 – 6231 0888

Email: marketing@indobeltraco.com

Instagram: @ibjs_jakarta

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/indobeltracoBukalapak: https://www.bukalapak.com/u/ptindobeltraco

Tags:
, ,
No Comments

Post A Comment