Tips Membuat Roller Chain Mesin Anda Tetap Awet

Tips Membuat Roller Chain Mesin Anda Tetap Awet

Seperti yang Sahabat IBJS ketahui, fungsi utama dari Roller Chain adalah menghubungkan atau meneruskan putaran dari motor penggerak ke benda kerja. Sekalipun memang ada juga chain yang berfungsi sebagai pengikat atau peredam kejut pada chain coupling. Untuk dapat melancarkan sebuah proses produksi, mesin harus senantiasa bergerak, dalam kata lain, roller chain harus selalu dalam keadaan yang baik. Lalu bagaimana cara merawat roller chain mesin Sahabat IBJS agar tetap awet? Berikut tipsnya;

  • Cek Keadaan Lubrikasi

Mekanismenya, disaat roller chain berputar terus menerus agar mesin dapat bekerja untuk menggerakkan part mesin lainnya, akan terdapat gesekan antara logam satu dengan logam lainnya, yaitu roller chain dengan permukaan gear sprocket. Gesekan tersebut dapat menghasilkan panas dan akan mengakibatkan keausan pada permukaan logam. Untuk menghindari hal tersebut, diperlukan lubrikasi, atau memberi pelumas pada unit roller chain agar di celah antar logam yang bergesekan tersebut ada film oil yang dapat menghambat terjadinya gesekan langsung antar logam.

  • Cek Kondisi Tension Chain

Setelah memastikan roller chain selalu diberi lubrikasi dengan baik dan benar, yang perlu dilakukan selanjutnya adalah cek tension atau ketegangan pada roller chain. Tension pada chain dapat dilihat secara kasat mata baik dalam keadaan mesin berputar atau berhenti. Yang sering terjadi adalah tension chain terlalu kendur. Bila tension chain kendor, akan mengakibatkan hal-hal berikut, diantaranya, terdapat bunyi berisik saat keadaan mesin sedang running, terjadi hentakan gerak, gerakan mesin tersendat-sendat, chain mudah lepas dari sprocket hingga chain mudah haus dan melar.

  • Cek Kondisi Keausan Roller Chain

Seperti pada komponen mesin atau barang apapun pada umumnya, sebuah roller chain pun memiliki lifetime atau usia tertentu sebelum akhirnya diharuskan untuk diganti, dalam hal ini roller chain mengalami keausan, sekalipun lubrikasi dan pada chain selalu dijaga. Hal tersebut terjadi karena efek gesekan antara roller chain dan sprocket yang terjadi secara terus menerus. Keausan pada roller chain dapat mengakibatkan roller chain putus. Selain itu, bila roller chain sudah aus kemudian tetap dipaksakan untuk bergerak, maka ada potensi roller chain akan memercikan bunga api di sekitar rantai penggerak.

  • Cek Kondisi Cover Unit Chain

Tak kalah penting, selalu cek kondisi cover unit roller chain. Pastikan semua roller chain dalam keadaan tertutup atau terlindungi oleh cover. Tujuannya adalah untuk memproteksi chain unit apabila roller chain terlepas dari unit atau putus saat mesin sedang running sehingga dapat melukai operator atau mengkontaminasi material produk. Usahakan juga cover unit chain tidak terbuat dari plat atau material yang tertutup rapat. Pastikan cover terbuat dari material ram yang berbentuk lubang-lubang sehingga kondisi roller chain tetap dapat terlihat.

  • Melakukan Inspeksi

Apalah arti perawatan bila tidak dilakukan secara konsisten dan terjadwal. Maka dari itu, pastikan melakukan inspeksi pada kondisi roller chain secara keseluruhan secara rutin untuk menjaga mesin tetap memenuhi standar performa yang maksimal dan untuk menghindari resiko-resiko kerja yang fatal. Bila dalam inspeksi terdeteksi kerusakan, maka jangan tunda untuk mengganti roller chain atau komponen mesin lainnya.

PT. Indobeltraco Jaya Semesta menyediakan roller chain segala ukuran untuk berbagai kebutuhan Sahabat IBJS. Sudah menjadi ambassador untuk berbagai brand internasional sejak 2007, dapat dipastikan produk yang disediakan oleh PT. Indobeltraco Jaya Semesta memiliki kualitas terbaik, baik untuk kebutuhan rumah tangga hingga kebutuhan industri besar lainnya.

Jika Sahabat IBJS ingin membeli produk-produk kami atau hanya sekedar ingin berinteraksi dengan kami, dapat melalui email atau via telepon dan jangan lupa juga untuk senantiasa mengunjungi marketplace kami melalui link dibawah ini.

Telp : 021 – 6231 0888

Email: marketing@indobeltraco.com

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/indobeltraco

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/ptindobeltraco

No Comments

Post A Comment