Seberapa Pentingkah Rubber Coupling?

Seberapa Pentingkah Rubber Coupling?

Sahabat IBJS tentu sudah membaca artikel mengenai coupling di website Indobeltraco bukan? Ya, seperti yang Sahabat IBJS ketahui, pada artikel sebelumnya, kita sudah pernah membahas mengenai fungsi dari coupling. Kali ini, kita akan bergeser sedikit lebih dalam dari coupling, yaitu Rubber Coupling. Coupling adalah suatu komponen yang menghubungkan dua shaft guna menyalurkan suatu gerak (torsi). Coupling juga disebut sebagai powertransmission. Cara kerjanya pun sederhana, shaft yang digerakkan dan shaft yang menggerakan dihubungkan pada ujung coupling. Pada saat awal shaft mulai bekerja atau berputar akan terjadi hentakan di coupling. Di moment ini lah rubber coupling berperan. Jadi fungsi utama dari rubber coupling adalah untuk meredam hentakan dari coupling agar tidak mudah rusak.

Dalam artikel sebelumnya yang membahas tentang coupling atau mungkin pada artikel-artikel lainnya, tentu Sahabat IBJS sering menjumpai anjuran untuk melakukan pengecekan secara berkala terhadap coupling, baik untuk coupling otomotif atau mesin industri. Hal itu karena coupling merupakan salah satu komponen yang rentan terhadap kegagalan diluar dari fungsinya. Salah satu sumber utama kegagalan yang dimaksud adalah aus yang disebabkan bantalan karet peredam atau rubber coupling sudah habis sehingga muncul gesekan langsung metal dengan metal. Bila sudah demikian, otomatis cara kerja mesin pun akan terganggu. Ditambah akan ada kerusakan pada metal coupling, yang memerlukan biaya yang lebih besar untuk menggantinya.

Berdasarkan namanya, bahan dari rubber coupling adalah karet dengan material yang memiliki ketahanan impact yang cukup bagus. Coupling dianjurkan diberi pelumas untuk memperlancar gerak, berdasarkan hal itu, material rubber coupling pun harus yang tahan terhadap pelumas. Satu lagi, coupling bekerja pada temperatur yang cukup tinggi, material rubber coupling pun wajib tahan terhadap panas sehingga umur penggunaannya dapat bertahan lebih lama. Bahan-bahan rubber coupling yang memiliki ketahanan untuk detail yang sudah disebut sebelumnya, diantaranya; Karet NBR (Natural Black Rubber), Karet Viton, Karet Silikon dan lain sebagainya.

Sejauh ini tentu Sahabat IBJS sudah dapat menafsirkan bahwa peran dari rubber coupling penting bukan? Bila Sahabat IBJS membutuhkan rubber coupling untuk kebutuhannya, Sahabat IBJS dapat menemukannya di storePT. Indobeltraco Jaya Semesta, baik online maupun offline. Untuk tipenya pun beragam, PT. Indobeltraco Jaya Semesta menyediakan berbagai tipe coupling beserta rubber coupling terlengkap dengan kualitas terbaik berstandar internasional.

Jika Sahabat IBJS ingin membeli produk-produk kami atau hanya sekedar ingin berinteraksi dengan kami, dapat melalui email, direct message instagram atau via telepon dan jangan lupa juga untuk senantiasa mengunjungi marketplace kami melalui link dibawah ini.

Telp : 021 – 6231 0888

Email: marketing@indobeltraco.com

Instagram: @ibjs_jakarta

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/indobeltracoBukalapak: https://www.bukalapak.com/u/ptindobeltraco

No Comments

Post A Comment