Beberapa Masalah Yang Terjadi Pada Belt Mesh Conveyor

Beberapa Masalah Yang Terjadi Pada Belt Mesh Conveyor

Seperti yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya, peran conveyor sistem dalam industri dapat dikatakan sangat penting. Conveyor sistem dapat membuat pekerjaan menjadi jauh lebih mudah. Maka, tidak heran, banyak industri saat ini, khususnya industri besar, pasti menggunakan conveyor sistem. Meski memudahkan proses produksi dan built in mesin conveyor yang sangat kokoh, bukan berarti berjalan tanpa masalah. Berikut beberapa masalah yang biasa didapati pada mesin conveyor.

Mesh Conveyor Terlalu Noise

Noise yang dimaksud disini adalah suara yang ditimbulkan oleh gerakan atau putaran mesh conveyor pada saat running. Noise pada mesh conveyor disebabkan karena beberapa hal seperti sebagai berikut;

  • Tensioner mesh conveyor terlalu kendor sehingga mesh conveyor beradu atau bersinggungan dengan roll-roll line yang akan menghasilkan bunyi. Bila Sahabat IBJS mendapati hal ini, penanganannya adalah dengan mengatur kembali tension pada mesh conveyor sehingga tidak timbul suara beradu antar logam.
  • Celah antar kawat mesh stainless steel sudah terlalu longgar. Penanganannya adalah ganti mesh conveyor dengan yang baru.

Mesh Conveyor Rusak Di Bagian Pinggir

Penyebab dari rusaknya bagian pinggir pada mesh conveyor berbahan stainless steel ini adalah patahnya batangan logam yang disebabkan karena beberapa hal sebagai berikut;

  • Mesh conveyor stainlesssteel bergesekan dengan roll guide, sehingga ada gesekan antar logam yang berakibat pada kerusakan bagian pinggir mesh  conveyor.Setting kembali roll guide atau centering mesh conveyor agar tidak terjadi gesekan antara roll guide dengan mesh conveyor.
  • Joint lock pada ujung logam mesh conveyor lepas sehingga ujung logam mesh conveyor mencuat dan bergesekan dengan roll guide. Solusinya cukup mudah, hanya ganti saja batangan mesh conveyor dengan joint yang baru.
  • Ada plat guide yang bengkok pada mesh conveyor unit sehingga menjepit mesh conveyor dan mengakibatkan ujung batangan Mesh conveyor menjadi rusak. Segera ganti platguide mesh conveyor tersebut.

Joint Mesh Conveyor Aus

Mesh conveyor stainless steel merupakan susunan dari anyaman antar batang logam yang menjadi unit, sehingga mesh conveyor ini bisa aus pada bagian anyaman tersebut, karena selalu berputar dan bersinggungan. Adapun penyebab dari ausnya mesh conveyor antara lain adalah sebagai berikut;

  • Anyaman antar logam selalu bergesekan pada saat berputar sehingga mudah aus, sehingga mesh conveyor ini membutuhkan cairan sebagai area kerjanya untuk sekalian sebagai lubricator gesekan antar logam tersebut. Sebaiknya, gunakan mesh conveyor model ini pada area yang berair atau area yang mengandung zat pelumas.
  • Bila noise terjadi karena mesh conveyor terlalu kendur, penyebab aus ini adalah sebaliknya. Tension belt conveyor terlalu kencang sehingga antar batang logam stainless steel terlalu kuat pada saat saling mengikat. Bila terjadi hal demikian, atur kembali tension pada mesh conveyor sesuai kebutuhan, jangan terlalu kencang dan jangan terlalu kendur.

Jika ada beberapa komponen pada mesh conveyor yang sudah harus diganti, Sahabat IBJS dapat mengunjungi storePT. Indobeltraco Jaya Semesta yang sudah bekerjasama dengan brand internasional selama bertahun-tahun. PT. Indobeltraco Jaya Semesta dapat pastikan, produk yang kami sediakan memiliki kualitas terbaik. Jadi Sahabat IBJS tak perlu ragu lagi.

Jika Sahabat IBJS ingin membeli produk-produk kami atau hanya sekedar ingin berinteraksi dengan kami, dapat melalui email, direct message instagram atau via telepon dan jangan lupa juga untuk senantiasa mengunjungi marketplace kami melalui link dibawah ini.

PT. INDOBELTRACO JAYA SEMESTA

Telp : 021 – 6231 0888

Email: marketing@indobeltraco.com

Instagram: @ibjs_jakarta

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/indobeltraco

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/ptindobeltraco

No Comments

Post A Comment